Sony Akan Luncurkan Next Generation Portable Tahun Ini

Sony berkomitmen untuk meluncurkan perangkat game PlayStation Portable tahun ini. Perangkat tersebut memiliki kualitas setara konsol game rumahan dan layar yang lebih besar.

Komitmen ini sekaligus menunjukkan upaya produsen elektronik asal Jepang itu untuk menangkal ancaman serius dari pesaing. Tidak hanya dari Nintendo DS tapi juga dari vendor smartphone macam Apple.


Menurut Sony, popularitas iPhone dan smartphone lain berpotensi mengancam produsen perangkat game. Pasalnya smartphone saat ini tidak hanya bisa digunakan untuk menelepon, menonton video, melihat email, atau pun chatting, tapi juga bisa untuk bermain game. Bahkan dengan tersedianya aplikasi, iPad dan iPod cenderung dijadikan perangkat untuk bermain game.

Sony pun memperkenalkan perangkat baru ini, yang disebutnya dengan Next Generations Portable. Perangkat ini dilengkapi dengan sensor gerak, teknologi lokasi berbasis GPS.

"Dengan teknologi sensor gerak dan GPS gamer bisa bermain golf hanya dengan menggerakkan perangkat. Juga bisa membunuh monster dengan cara menggoyang layar, atau bermain game lain yang mirip dengan realita virtual," ujar kepala divisi game Sony, Kazuo Hirai, seperti dikutip melalui Hosted, Jumat (28/1/2011).

Perangkat ini memiliki touch-panel di depan dan touch-pad di belakang untuk memungkinkan pemain menekan mesin saat ingin memindahkan gambar. Selain itu juga ada tombol biasa dan switch untuk melengkapi tombol agar mempermudah proses bermain game.

Sony pun menyediakan koneksi nirkabel generasi ketiga dan wifi untuk bisa mengakses jejaring sosial saat bermain game atau melakukan download langsung. Layarnya berukuran lima inci dengan teknologi OLED yang mampu menghadirkan kualitas gambar dan warna yang baik. Bahkan empat kali lebih baik ketimbang PSP sebelumnya.

"Inilah Next Generation Portable. Kami akan memberikan apa yang anda butuhkan di dunia hiburan. Kami ingin menciptakan revolusi di tangan anda," ujar Hirai.

Dalam pasar game portable, Sony berhadapan dengan Nintendo Jepang, yang akan memperkenalkan DS baru dengan fitur 3-D bebas kacama tabulan depan. Sayangnya NGP tidak akan menyertakan 3-D. Microsoft pun merupakan pemain utama dengan Xbox 360 meski tidak menyediakan perangkat game portable.

Penjualan PlayStation Portable menurun sebanyak 37 persen tahun lalu menjadi sekitar 2,7 juta untuk April hingga September. Padahal periode yang sama tahun lalu penjualannya mencapai 4,3 juta unit. Sebaliknya Apple menjual 16,2 juta iPhone selama kuartal Oktober-Desember saja.

Lebih dari 64 juta PlayStation Portable mesin telah dijual secara kumulatif di seluruh dunia sejak mulai dijual pada bulan Desember 2004.


sumber : okezone

1 Response to "Sony Akan Luncurkan Next Generation Portable Tahun Ini"

  1. Semakin lama antara handphone, computer, game console portable menyatu menjadi satu. Kira2 kedepannya berkembang menjadi seperti apa ya? :)

    Salam,
    Parfum

Posting Komentar

Powered by Blogger