Gerakan Tangan Mampu Operasikan LCD

Para ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology mengembangkan layar LCD yang bekerja dengan cara menterjemahkan gerakan tangan, tanpa harus menyentuh layar.

Mereka menyebutkan, pengguna dapat mengontrol objek pada layar hanya dengan melambaikan atau menggerakkan tangan di udara tanpa menyentuh layar atau menggunakan tetikus dan keyboard.

Meski pengguna bisa menyentuh layar untuk mengaktifkan kontrol pada layar, namun segera pada saat mereka menggerakkan tangan atau jari di hadapan layar, sistem akan langsung menerjemahkan gerakan tersebut dalam format tiga dimensi (3D).

"Ini adalah tingkat interaksi yang belum pernah dilakukan siapa pun sebelumnya," kata salah satu ilmuwan Ramesh Raskar seperti dikutip dari New Scientist, Kamis (17/12/2009).

Layar yang diberi nama BiDi ini memungkinkan pengguna memanipulasi atau berinteraksi dengan objek pada layar dalam format 3D.

Raskar menyebutkan, BiDi yang merupakan singkatan dari bi-directional ini pun berfungsi sebagai pemindai 3D. Pada saat pengguna memutar sebuah objek di depan layar, peranti lunak layar tersebut akan 'merajut' sebuah citra 3D.



Namun menurut ilmuwan lain bernama Douglas Lanman dari Brown University layar tersebut memiliki kualitas gambar yang buruk, seperti kamera tanpa lensa. Layar tersebut dapat menampilkan objek yang bersentuhan langsung dengannya, namun sejauh ini tampilannya masih belum baik dan nampak buram.

Itu sebabnya, hingga sekarang para ilmuwan masih terus melakukan pengembangan agar layar tersebut tak hanya unik dari sisi inovasi namun juga memiliki kualitas gambar yang baik dan tajam.
sumber : okezone.com

0 Response to "Gerakan Tangan Mampu Operasikan LCD"

Posting Komentar

Powered by Blogger